Analisis Bagaimana-Jika

Pendahuluan

Excel mencakup banyak alat yang kuat untuk melakukan perhitungan matematika yang rumit, termasuk analisis what-if. Fitur ini dapat membantu Anda bereksperimen dan menjawab pertanyaan dengan data Anda, bahkan ketika data tidak lengkap. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana menggunakan alat analisis what-if yang disebut Goal Seek.

Opsional: Unduhlah praktek workbook kita.

Saksikan video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang analisis what-if dan Goal Seek.

Goal Seek

Setiap kali Anda membuat formula atau fungsi di Excel, Anda menempatkan berbagai macam komponen untuk menghitung hasilnya. Goal Seek bekerja dengan cara yang berlawanan: Hal ini memungkinkan Anda mulai dengan hasil yang diinginkan, dan ini akan menghitung nilai input yang akan memberikan Anda hasilnya. Kami akan menggunakan beberapa contoh untuk menunjukkan bagaimana menggunakan Goal Seek.

Menggunakan Goal Seek (contoh 1):

Katakanlah Anda terdaftar dalam suatu kelas. Saat ini Anda memiliki nilai 65, dan Anda memerlukan setidaknya 70 agar dapat lulus kelas. Untungnya, Anda memiliki satu tugas akhir yang mungkin dapat meningkatkan nilai rata-rata. Anda dapat menggunakan Goal Seek untuk mengetahui berapa nilai yang Anda butuhkan pada tugas akhir agar dapat lulus kelas.

Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat bahwa nilai pada empat tugas pertama adalah 58, 70, 72, dan 60. Meskipun kita tidak tahu nilai kelima, kita dapat menulis formula atau fungsi yang menghitung nilai akhir. Dalam kasus ini, masing-masing tugas berbobot sama, sehingga yang harus kita lakukan adalah merata-ratakan semua kelima nilai dengan mengetik = AVERAGE (B2: B6). Setelah kita menggunakan Goal Seek, sel B6 akan menunjukkan kepada kita nilai minimum yang harus kita dapatkan pada tugas tersebut.

fungsi average yang akan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata kelas yang lain
  1. Pilih sel dengan nilai yang ingin Anda ubah. Setiap kali Anda menggunakan Goal Seek, Anda perlu memilih sel yang sudah berisi formula atau fungsi. Pada contoh kita, kita akan pilih sel B7 karena mengandung formula = AVERAGE (B2: B6).
    memilih sel B7
  2. Dari tab Data, klik perintah Analysis What-If, kemudian pilih Goal Seek dari menu drop-down.
    klik pilihan Goal Seek dari perintah Analysis What-If dari menu drop-down
  3. Sebuah kotak dialog akan muncul dengan tiga bidang. Bidang pertama, Set Cell:, akan berisi hasil yang diinginkan. Pada contoh kita, sel B7 sudah dipilih.

    Bagian kedua, To value:, adalah hasil yang diinginkan. Pada contoh kita, kita akan masukkan 70 karena memerlukan itu agar dapat lulus kelas.

    Bidang ketiga, By changing cell:, adalah sel mana Goal Seek akan menempatkan jawabannya. Pada contoh kita, kita akan pilih sel B6 karena kita ingin menentukan nilai yang ingin kita dapatkan pada tugas akhir.
  4. Setelah selesai, klik OK.
    mengatur parameter pada kotak dialog goal seek
  5. Kotak dialog akan memberitahu Anda jika Goal Seek mampu menemukan solusi. Klik OK.
    hasil yang sukses kotak dialog goal seek
  6. Hasilnya akan muncul di sel yang ditentukan. Pada contoh kita, Goal Seek mengalkulasi bahwa kita memerlukan setidaknya 90 pada nilai tugas akhir agar mendapatkan kelulusan.
    nilai pada sel B6 (90) ditentukan oleh goal

Menggunakan Goal Seek (contoh 2):

Katakanlah Anda merencanakan sebuah acara dan ingin mengundang orang sebanyak mungkin tanpa melebihi anggaran sebesar $ 500. Kita dapat menggunakan Goal Seek untuk mencari tahu berapa banyak orang yang akan diundang. Dalam contoh kita di bawah, sel B5 berisi rumus = B2 + B3 * B4 untuk menghitung total biaya reservasi kamar, ditambah biaya per orang.

  1. Pilih sel dengan nilai yang ingin Anda ubah. Pada contoh kita, kita akan pilih sel B5.
    memilih sel B5
  2. Dari tab Data, klik perintah Analysis What-If, kemudian pilih Goal Seek dari menu drop-down.
    meng-klik pilihan Goal Seek dari perintah Analysis What-If dari menu drop-down
  3. Sebuah kotak dialog akan muncul dengan tiga bidang. Field pertama, Set sel:, akan berisi hasil yang diinginkan. Pada contoh kita, sel B5 sudah dipilih.

    Bagian kedua, To value:, adalah hasil yang diinginkan. Pada contoh kita, kita akan masukkan 500 karena kami hanya ingin menghabiskan $ 500.

    Bidang ketiga, By changing cell:, adalah sel dimana Goal Seek akan menempatkan jawabannya. Pada contoh kita, kita akan pilih sel B4 karena kita ingin tahu berapa banyak tamu yang dapat diundang tanpa menghabiskan lebih dari $ 500.
    • Setelah selesai, klik OK.
      pengaturan parameter pada kotak dialog goal seek
    • Kotak dialog akan memberitahu Anda jika Goal Seek mampu menemukan solusi. Klik OK.
    • Hasilnya akan muncul pada sel yang ditentukan. Pada contoh kita, Goal Seek menghitung jawabannya menjadi sekitar 18,62. Dalam hal ini, jawaban akhir kita haruslah nomor pasti, jadi kita harus membulatkan jawaban ke atas atau ke bawah. Karena pembulatan akan menyebabkan melebihi anggaran, kita akan membulatkan menjadi 18 tamu.
      nilai pada sel B4 (18) ditentukan oleh Goal Seek

    Seperti yang Anda lihat dalam contoh di atas, beberapa situasi membutuhkan pembulatan jawaban. Jika Goal Seek memberikan desimal, Anda harus membulatkan ke atas atau ke bawah, tergantung pada situasi.

    Jenis lain dari analisis What-If

    Untuk proyek yang lebih lanjut, Anda mungkin akan menggunakan jenis analisis What-If lainnya: scenarios dan data tables. Daripada memulai dari hasil yang diinginkan dan menghitung mundur, seperti halnya dengan Goal Seek, pilihan lain ini memungkinkan Anda untuk menguji beberapa nilai dan melihat bagaimana hasil perubahannya.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang scenarios, tinjau artikel ini dari Microsoft.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang data tables, tinjau artikel ini dari Microsoft.

    Tantangan!

    1. Buka workbook praktek kami.
    2. Klik tab Challenge di kiri bawah buku kerja.
    3. Di sel B8, membuat fungsi yang menghitung rata-rata penjualan pada B2: B7.
    4. buku kerja menunjukkan jumlah penjualan bulanan Dave untuk pertengahan tahun ini. Jika dia mencapai rata-rata $ 200,000 pada pertengahan tahun, ia akan menerima bonus 5%. Gunakan Goal Seek untuk menemukan berapa banyak yang dia harus jual pada bulan Juni agar mandapatkan rata-rata $ 200.000.
    5. Setelah selesai, buku kerja Anda akan terlihat seperti ini:

      Tantangan Goal Seek