Memahami Format Nomor

Apakah format angka?

Setiap kali Anda bekerja dengan spreadsheet, ide yang sangat baik untuk menggunakan pemformatan angka yang sesuai dengan data Anda. Format angka memberitahu spreadsheet dengan tepat, jenis data apa yang Anda gunakan, seperti persentase (%), mata uang ($), waktu, tanggal, dan sebagainya.

Tonton video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang format angka dalam Excel.

Mengapa menggunakan format angka?

Format angka tidak hanya membuat spreadsheet Anda lebih mudah dibaca. Melainkan juga mempermudah penggunaan. Ketika Anda menerapkan format angka, Anda mengatakan kepada spreadsheet jenis nilai apa yang disimpan di dalam sel. Misalnya, format tanggal memberitahu spreadsheet bahwa Anda memasukan tanggal kalender. Hal ini memungkinkan spreadsheet untuk lebih memahami data Anda, yang dapat membantu memastikan bahwa data Anda tetap konsisten dan rumus Anda akan dihitung dengan benar.

Jika Anda tidak menggunakan format angka tertentu, biasanya spreadsheet akan menerapkan format angka umum secara default. Namun, format yang umum dapat mengakibatkan perubahan kecil pada format data Anda.

Menerapkan format angka

Sama seperti jenis pemformatan lain, seperti mengubah warna font, Anda dapat menerapkan format angka dengan memilih sel dan memilih opsi format yang diinginkan. Ada dua cara utama untuk memilih format angka:

Anda juga dapat memilih sel yang diinginkan dan tekan Ctrl + 1 pada keyboard Anda untuk mengakses lebih banyak pilihan pemformatan angka.

Dalam contoh ini, kami telah menerapkan format angka Currency, yang akan menambahkan simbol mata uang ($) dan menampilkan dua desimal untuk setiap nilai numerik.

Menerapkan format Currency

Jika Anda memilih sel yang memiliki format angka, Anda dapat melihat nilai sel sebenarnya dalam formula bar. spreadsheet akan menggunakan nilai ini untuk rumus dan perhitungan lainnya.

Nilai aktual dalam formula bar

Menggunakan format angka dengan benar

Ada lebih banyak pemformatan angka daripada memilih sel kemudian menerapkan formatnya. Sebenarnya spreadsheet dapat menerapkan banyak pemformatan angka secara otomatis berdasarkan bagaimana cara Anda memasukkan data. Ini berarti Anda harus memasukkan data dengan cara yang dapat dipahami program, dan kemudian memastikan bahwa sel-sel menggunakan format angka yang benar. Misalnya, gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana menggunakan format angka dengan benar untuk tanggal, persentase, dan waktu:

latihan grafik ilustrasi terbaik untuk pemformatan angka pada spreadsheet

Sekarang Anda telah mengetahui lebih banyak tentang bagaimana pemformatan angka bekerja, kita akan melihat beberapa format angka yang berbeda dalam suatu tindakan.

Format persentase

Salah satu format angka yang paling membantu adalah format persentase (%). Ini akan menampilkan nilai-nilai sebagai persentase, seperti 20% atau 55%. Hal ini sangat membantu ketika menghitung hal-hal, seperti biaya pajak penjualan atau tip. Ketika Anda mengetik tanda persen (%) setelah angka, format angka persentase akan diterapkan pada sel secara otomatis.

screenshot dari excel 2013

Seperti yang Anda ingat dari kelas matematika, persentase juga dapat ditulis sebagai desimal. Jadi 15% adalah hal yang sama dengan 0.15, 7.5% adalah 0.075, 20% adalah 0.20, 55% adalah 0.55, dan sebagainya. Anda dapat meninjau pelajaran ini dari tutorial Matematika kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengubah persentase menjadi desimal.

Akan banyak sekali kegunaan format persentase. Misalnya, pada gambar di bawah ini, perhatikan bagaimana tarif pajak penjualan akan diformat dengan berbeda untuk setiap spreadsheet (5.5%, dan 0.05):

gambar yang menunjukkan perhitungan yang benar dan salah berdasarkan format persentase

Seperti yang Anda lihat, perhitungan pada spreadsheet di sebelah kiri tidak bekerja dengan benar. Tanpa format angka persentase, spreadsheet kita berpikir bahwa kita ingin mengalikan $ 22,50 dengan 5, bukan dengan 5%. Sementara spreadsheet di sebelah kanan masih bekerja tanpa menggunakan format persentase, sedangkan spreadsheet di tengah lebih mudah dibaca.

Format tanggal

Setiap kali bekerja dengan tanggal, Anda tentunya ingin menggunakan format date untuk memberitahu spreadsheet bahwa Anda mengacu pada suatu tanggal kalender tertentu, seperti 15 Juli 2014. Format tanggal juga memungkinkan Anda bekerja dengan seperangkat fungsi penanggalan yang menggunakan informasi waktu dan tanggal untuk menghitung suatu jawaban.

Spreadsheet tidak memahami suatu informasi dengan cara yang sama yang akan dilakukan oleh seseorang. Misalnya, jika Anda mengetik Oktober ke dalam sel, spreadsheet tidak akan tahu bahwa Anda memasukkan tanggal, sehingga akan memperlakukannya seperti teks biasa. Sebaliknya, ketika Anda memasukkan tanggal, Anda harus menggunakan format tertentu yang dimengerti spreadsheet, seperti bulan/hari/tahun (atau hari/bulan/tahun tergantung pada negara di mana Anda berada). Pada contoh di bawah, kita akan ketik 12/10/2014 untuk 12 Oktober 2014. Spreadsheet kami akan secara otomatis menerapkan format angka date pada sel.

screenshot dari excel 2013

Sekarang kita memiliki tanggal yang telah diformat dengan benar, kita bisa melakukan banyak hal yang berbeda dengan data ini. Misalnya, kita bisa menggunakan fill handle untuk melanjutkan penanggalan melalui kolom, sehingga hari yang berbeda akan muncul di setiap sel:

Screenshot dari Excel 2013
Screenshot dari Excel 2013

Jika format tanggal tidak diterapkan secara otomatis, artinya spreadsheet tidak memahami data apa yang Anda masukkan. Pada contoh di bawah, kami telah mengetik March 15th. Spreadsheet tidak mengerti bahwa kita mengacu pada tanggal, sehingga sel ini masih menggunakan format angka umum.

screenshot dari excel 2013

Di sisi lain, jika kita ketik March 15 (tanpa "th"), spreadsheet akan mengenalinya sebagai tanggal. Karena hal itu tidak termasuk juga tahun, spreadsheet secara otomatis akan menambahkan tahun saat ini sehingga tanggal akan memiliki semua informasi yang diperlukan. Kami juga bisa mengetik tanggal menggunakan beberapa cara lain, seperti 3/15, 15/03/2014, atau 15 Maret 2014, dan spreadsheet masih dapat mengenalinya sebagai tanggal.

Coba masukkan tanggal di bawah ini pada spreadsheet dan melihat apakah format tanggal diterapkan secara otomatis:

  • 10/12
  • Oktober
  • 12 Oktober
  • Oktober 2016
  • 12/10/2016
  • 12 Oktober, 2016
  • 2016
  • October 12th

Pilihan format tanggal lainnya

Untuk mengakses pilihan format tanggal lainnya, pilih menu drop-down Number Format dan pilih More Number Format. Ini adalah pilihan untuk menampilkan tanggal dengan cara yang berbeda, seperti hari dalam seminggu atau menghilangkan tahun.

screenshot dari excel 2013

Kotak dialog Format Cells akan muncul. Dari sini, Anda dapat memilih opsi format tanggal yang diinginkan.

screenshot dari excel 2013

Seperti yang Anda lihat dalam formula bar, format tanggal custom tidak mengubah tanggal yang sebenarnya dalam sel kita. Itu hanya mengubah bagaimana cara menampilkannya.

screenshot dari excel 2013

Kiat pemformatan angka

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan hasil terbaik dengan pemformatan angka:

Meningkatkan dan Menurunkan Decimal

Perintah Increase Decimal dan Decrease Decimal memungkinkan Anda untuk mengontrol berapa banyak tempat desimal yang akan ditampilkan dalam sel. Perintah-perintah ini tidak mengubah nilai sel; sebaliknya, mereka menampilkan nilai untuk sejumlah tempat desimal.

Perintah Increase dan Decrease Decimal

Decreasing desimal akan menampilkan pembulatan nilai, tetapi nilai aktual dalam sel akan tetap ditampilkan pada formula bar.

Jumlah mungkin tampil dibulatkan

Perintah Increase/Decrease Decimal tidak akan bekerja pada beberapa format angka, seperti Date dan Fraction.

Tantangan!

  1. Buka workbook praktek kita.
  2. Dalam sel D2, ketikkan tanggal hari ini dan tekan Enter.
  3. Klik sel D2 dan pastikan bahwa itu menggunakan format angka Date.Cobalah mengubah ke format tanggal yang berbeda (misalnya, Long Date).
  4. Dalam sel D2, gunakan kotak dialog Format Cells untuk memilih 14-Mar-12 format tanggal.
  5. Ubah tarif pajak penjualan di sel D8 menjadi format Persentase.
  6. Terapkan format mata uang untuk semua kolom B.
  7. Dalam sel D8, gunakan perintah Increase Decimal atau Decrease Desimal untuk mengubah tempat desimal menjadi satu.Seharusnya sekarang menampilkan 7,5%.
  8. Setelah selesai, spreadsheet Anda akan terlihat seperti ini:
    Tantangan Number Format