Menyaring Data

Pendahuluan

Jika lembar kerja Anda berisi banyak konten, bisa sulit untuk menemukan informasi dengan cepat. Filter dapat digunakan untuk mempersempit data dalam lembar kerja Anda, sehingga Anda dapat melihat hanya informasi yang Anda butuhkan.

Opsional: Unduhlah workbook praktek kita.

Tonton video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyaringan data dalam Excel.

Menyaring data:

Dalam contoh kita, kita akan menerapkan filter pada worksheet log peralatan untuk menampilkan hanya laptop dan proyektor tersedia yang dipilih.

  1. Agar penyaringan dilakukan dengan benar, lembar kerja Anda harus menyertakan header row, yang akan digunakan untuk mengidentifikasi nama masing-masing kolom. Dalam contoh kita, lembar kerja disusun dalam kolom yang berbeda yang diidentifikasi oleh sel-sel header di baris 1: ID #, Type, Equipment Detail, dan sebagainya.
    Header baris dalam spreadsheet
  2. Pilih tab Data, kemudian klik perintah Filter.
    Tombol filter pada tab Data
  3. Sebuah panah drop-down akan muncul di sel header untuk setiap kolom.
  4. Klik panah drop-down untuk kolom yang ingin Anda filter. Dalam contoh kita, kita akan menyaring kolom B untuk melihat peralatan jenis tertentu saja .
    Panah dropdown di baris header
  5. Menu Filter akan muncul.
  6. Hapus kotak centang di samping Select All untuk membatalkan pemilihan semua data dengan cepat.
    Menu Dropdown untuk memilah dan menyaring
  7. Centang kotak yang ada di samping data yang Anda ingin saring, lalu klik OK. Dalam contoh ini, kita hanya akan memeriksa Laptop dan Projector saja.
    Memilih kategori penyaringan
  8. Data akan disaring, sementara konten lainnya yang tidak sesuai dengan kriteria akan disembunyikan. Dalam contoh kita, hanya laptop dan projector yang ingin dilihat.
    Worksheet sekarang disaring

Pilihan penyaringan juga dapat diakses dari perintah Sort & Filter pada tab Home.

Filter menu pada tab Home

Menerapkan beberapa filter:

Filter dapat dilakukan kumulatif, yang berarti Anda dapat menerapkan beberapa filter untuk membantu mempersempit hasil Anda. Dalam contoh kita, kita sudah menyaring worksheet untuk menampilkan laptop dan projector, dan kami ingin mempersempit lebih lanjut lagi hanya menampilkan laptop dan proyektor yang diperiksa pada bulan Agustus.

  1. Klik panah drop-down untuk kolom yang ingin Anda filter. Dalam contoh kita, kita akan menambahkan filter untuk kolom D untuk melihat informasi berdasarkan tanggal.
    Panah dropdown di baris header
  2. Menu Filter akan muncul.
  3. Centang atau hapus centang pada kotak tergantung pada data yang ingin disaring, lalu klik OK. Dalam contoh kita, kita akan menghapus semua centang kecuali untuk Agustus.
    Menu Dropdown untuk memilah dan menyaring
  4. Filter baru akan diterapkan. Pada contoh kita, worksheet kini disaring hanya untuk menampilkan laptop dan projector yang telah diperiksa pada bulan Agustus.
    Worksheet sekarang memiliki dua filter

Menghapus filter:

Setelah menerapkan filter, Anda mungkin ingin menghapus atau membersihkanny dari lembar kerja Anda sehingga Anda akan dapat menyaring konten dengan cara yang berbeda.

  1. Klik panah drop-down untuk menghapus ilter yang Anda ingin hapus. Dalam contoh kita, kita akan membersihkan filter di kolom D.
    Tombol dropdown untuk filter yang diterapkan di kolom ini
  2. Menu Filter akan muncul.
  3. Pilih Clear Filter From [COLUMN NAME] dari menu Filter. Dalam contoh kita, kita akan pilih Clear Filter Dari "Checked Out".
    Menu pilihan Clear Filter
  4. Filter akan dibersihkan dari kolom. Data yang sebelumnya tersembunyi akan ditampilkan.
    Filter telah dibersihkan

Untuk menghapus semua filter dari worksheet Anda, klik perintah Filter pada tab Data.

Tombol Filter pada tab Data

Penyaringan lanjutan

Jika Anda membutuhkan filter untuk sesuatu yang spesifik, penyaringan dasar mungkin tidak memberikan cukup pilihan. Untungnya, Excel mencakup banyak alat penyaringan yang canggih, termasuk pencarian, teks, tanggal, dan nomor filtering, yang dapat mempersempit hasil pencarian Anda untuk membantu menemukan apa yang Anda butuhkan.

Menyaring dengan pencarian:

Excel memungkinkan Anda untuk mencari data yang berisi frasa yang tepat, nomor, tanggal, dan banyak lagi. Dalam contoh kita, kita akan menggunakan fitur ini hanya untuk menampilkan produk merek Saris di log peralatan kita.

  1. Pilih tab Data, kemudian klik perintah Filter. Sebuah panah drop-down akan muncul di sel header untuk setiap kolom. Catatan: Jika Anda sudah menambahkan filter untuk lembar kerja Anda, Anda dapat melewatkan langkah ini.
  2. Klik panah drop-down untuk kolom yang ingin Anda filter. Dalam contoh kita, kita akan menyaring kolom C.
    Panah dropdown di baris header
  3. Menu Filter akan muncul. Masukkan kondisi pencarian ke dalam kotak pencarian. Hasil pencarian akan muncul secara otomatis di bawah bidang Text Filters sesuai dengan yang Anda ketik. Dalam contoh kita, kita akan ketik Saris untuk mencari semua merek peralatan Saris. Setelah selesai, klik OK.
    Menerapkan filter pencarian
  4. Worksheet akan disaring sesuai dengan kondisi pencarian Anda. Pada contoh kita, worksheet kini tersaring untuk menampilkan hanya merek peralatan Saris.
    Filter pencarian telah diterapkan ke worksheet

Menggunakan penyaringan teks lanjutan:

Penyaringan teks lanjutan dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang lebih spesifik, seperti sel-sel yang mengandung sejumlah karakter atau data yang tidak memiliki kata tertentu atau nomor. Dalam contoh kita, kita ingin kecualikan item yang mengandung kata laptop.

  1. Pilih tab Data, kemudian klik perintah Filter. Sebuah panah drop-down akan muncul di sel header untuk setiap kolom. Catatan: Jika Anda sudah menambahkan filter untuk lembar kerja Anda, Anda dapat melewatkan langkah ini.
  2. Klik panah drop-down untuk kolom yang ingin Anda filter. Dalam contoh kita, kita akan menyaring kolom C.
    Panah dropdown di baris header
  3. Menu Filter akan muncul. Arahkan mouse pada Text Filters, lalu pilih filter teks yang diinginkan dari menu drop-down. Dalam contoh ini, kita akan memilih Does Not Contain untuk melihat data yang tidak berisi teks tertentu.
    Menambahkan filter khusus dalam menu dropdown
  4. Kotak dialog Custom AutoFilter akan muncul. Masukkan teks yang diinginkan di sebelah kanan filter, lalu klik OK. Dalam contoh kita, kita akan ketik laptop untuk mengecualikan setiap item yang mengandung kata ini.
    Kotak dialog filter khusus
  5. Data tersebut akan disaring oleh filter teks yang dipilih. Dalam contoh kita, lembar kerja kita sekarang menampilkan item yang tidak mengandung kata laptop.
    Filter kustom telah diterapkan ke worksheet

Menggunakan penyaringan lanjutan angka:

Penyaringan lanjutan angka memungkinkan Anda untuk memanipulasi data bernomor dengan cara yang berbeda. Pada contoh kita, kita akan menampilkan jenis peralatan tertentu saja berdasarkan pada kisaran nomor ID.

  1. Pilih tab Data pada Ribbon, lalu klik perintah Filter. Sebuah panah drop-down akan muncul di sel header untuk setiap kolom. Catatan: Jika Anda sudah menambahkan filter untuk lembar kerja Anda, Anda dapat melewatkan langkah ini.
  2. Klik panah drop-down untuk kolom yang ingin Anda filter. Dalam contoh kita, kita akan menyaring kolom A untuk melihat hanya kisaran nomor ID tertentu.
    Panah dropdown di baris header
  3. Menu Filter akan muncul. Arahkan mouse di atas Number Filters, kemudian pilih nomor penyaringan yang diinginkan dari menu drop-down. Dalam contoh kita, kita akan memilih Between untuk melihat nomor ID antara berbagai nomor tertentu.
    Menambahkan sejumlah filter dalam menu dropdown
  4. Kotak dialog Cstom AutoFilter akan muncul. Masukkan nomor yang diinginkan di sebelah kanan masing-masing filter, lalu klik OK. Pada contoh kita, kita ingin menyaring nomor ID yang lebih besar dari atau sama dengan 3000 tetapi kurang dari atau sama dengan 6000, yang akan menampilkan nomor ID dengan jangkauan 3000-6000.
    Kotak dialog jumlah penyaringan
  5. Data tersebut akan disaring oleh nomor filter yang dipilih. Dalam contoh kita, hanya item dengan nomor ID antara 3000 dan 6000 yang terlihat.
    Jumlah filter yang telah diterapkan ke worksheet

Menggunakan penyaringan lanjutan tanggal:

Penyaringan lanjutan tanggal dapat digunakan untuk melihat informasi dari jangka waktu tertentu, seperti tahun lalu, kuartal berikutnya, atau antara dua tanggal. Dalam contoh kita, kita akan menggunakan filter lanjutan tanggal untuk melihat hanya peralatan yang telah diperiksa antara 15 Juli dan 15 Agustus.

  1. Pilih tab Data, kemudian klik perintah Filter. Sebuah panah drop-down akan muncul di sel header untuk setiap kolom. Catatan: Jika Anda sudah menambahkan filter untuk lembar kerja Anda, Anda dapat melewatkan langkah ini.
  2. Klik panah drop-down untuk kolom yang ingin Anda filter. Dalam contoh kita, kita akan menyaring kolom D untuk melihat hanya tanggal dengan jangka tertentu.
    Panah dropdown di baris header
  3. Menu Filter akan muncul. Arahkan mouse Date Filters, lalu pilih filter tanggal yang diinginkan dari menu drop-down. Dalam contoh kita, kita akan pilih Between untuk melihat peralatan yang telah diperiksa antara 15 Juli dan 15 Agustus.
    Menambahkan filter tanggal dalam menu dropdown
  4. Kotak dialog Custom AutoFilter akan muncul. Masukkan tanggal yang diinginkan di sebelah kanan masing-masing filter, lalu klik OK. Pada contoh kita, kita ingin menyaring tanggal setelah atau sama dengan 15 Juli 2015, dan sebelum atau sama dengan 15 Agustus 2015, yang akan menampilkan kisaran antara tanggal tersebut.
    Kotak dialog tanggal penyaringan
  5. Worksheet akan disaring berdasarkan filter tanggal yang dipilih. Dalam contoh kita, kita sekarang dapat melihat item yang telah diperiksa antara 15 Juli dan 15 Agustus.
    Tanggal Filter telah diterapkan ke worksheet

Tantangan!

  1. Buka workbook praktek kami.
  2. Klik tab Tantangan di kiri bawah buku kerja.
  3. Terapkan filter hanya untuk menampilkan Electronics dan Instruments.
  4. Gunakan fitur Search untuk menyaring deskripsi item yang berisi kata Sansei. Setelah Anda melakukan ini, Anda harus menayangkan enam entri .
  5. Hapus penyaringan Item Description .
  6. Menggunakan nomor filter, acara pinjaman sebesar lebih dari atau sama dengan $ 100.
  7. Filter hanya untuk menampilkan item yang memiliki tenggat waktu pada tahun 2016.
  8. Setelah selesai, buku kerja Anda akan terlihat seperti ini:

    Tantangan penyaringan