Pemformatan Kondisional

Pendahuluan

Katakanlah Anda memiliki worksheet dengan ribuan baris data. Hal ini akan menyulitkan apabila ingin melihat pola dan trend, apabila hanya dari pemeriksaan informasi mentah. Mirip dengan grafik dan sparklines, format kondisional menyediakan cara lain untuk memvisualisasikan data dan membuat lembar kerja lebih mudah untuk dipahami.

Opsional: Unduhlah praktek workbook kita.

Tonton video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang format kondisional di Excel.

Memahami pemformatan kondisional

Format kondisional memungkinkan Anda secara otomatis menerapkan pemformatan seperti warna, ikon, dan data berbentuk batang untuk satu sel atau lebih berdasarkan nilai sel. Untuk melakukan ini, Anda harus membuat aturan format kondisional. Contoh, aturan format kondisional: Jika nilai kurang dari $ 2.000, maka warna sel merah. Dengan menerapkan aturan ini, Anda akan dapat dengan cepat melihat mana sel yang berisi nilai kurang dari $ 2.000.

Conditional Formatting di Excel

Membuat aturan format kondisional:

Dalam contoh kita, kita memiliki worksheet berisi data penjualan, dan kita ingin melihat penjual mana yang memenuhi sasaran penjualan bulanan mereka. Sasaran penjualan adalah $ 4000 per bulan, jadi kita akan membuat aturan format kondisional untuk setiap sel yang mengandung nilai yang lebih tinggi dari 4000.

  1. Pilih sel yang diinginkan untuk aturan format kondisional.
    memilih sel
  2. Dari tab Home, klik perintah Conditional Formatting. Sebuah menu drop-down akan muncul.
  3. Arahkan mouse ke jenis format kondisional yang diinginkan, lalu pilih aturan yang diinginkan dari menu yang muncul. Dalam contoh kita, kita ingin menyoroti sel yang lebih besar dari $ 4.000.
    Menu Conditional Formatting pada tab Home
  4. Sebuah kotak dialog akan muncul. Masukkan nilai yang diinginkan ke bidang kosong. Dalam contoh kita, kita akan masukkan 4000 sebagai nilai kita.
  5. Pilih gaya format dari menu drop-down. Dalam contoh kita, kita akan memilih Green Fill with Dark Green Text, kemudian klik OK.
    Kotak dialog Greater Then
  6. Format kondisional akan diterapkan ke sel yang dipilih. Dalam contoh kita, sangat mudah untuk melihat mana penjual yang mencapai target penjualan $ 4000 setiap bulan.
    Aturan format kondisional sekarang diterapkan ke worksheet

Anda dapat menerapkan beberapa aturan format kondisional untuk berbagai sel atau worksheet, yang memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan tren dan pola yang berbeda dalam data Anda.

Beberapa aturan format kondisional pada daerah yang sama dari lembar kerja

Preset format kondisional

Excel memiliki beberapa gaya yang telah ditetapkan, atau preset, Anda dapat dengan cepat menerapkan pemformatan kondisional pada data Anda. Mereka dikelompokkan menjadi tiga kategori:

Menggunakan format kondisional preset:

  1. Pilih sel yang ingin diterapkan format kondisional.
    Pilih sel
  2. Klik perintah Conditional Formatting. Sebuah menu drop-down akan muncul.
  3. Arahkan mouse pada preset yang diinginkan, kemudian memilih gaya yang telah ditetapkan dari menu yang muncul.
    Preset pada menu Conditional Formatting
  4. Format kondisional akan diterapkan pada sel yang dipilih.
    Preset telah diterapkan pada worksheet

Menghapus format kondisional

Menghapus format kondisional:

  1. Klik perintah Conditional Formatting. Sebuah menu drop-down akan muncul.
  2. Arahkan mouse pada Clear Rules, dan pilih rules yang ingin Anda hapus. Dalam contoh kita, kita akan pilih Clear Rules from Entire Sheets untuk menghapus semua format kondisional dari worksheet.
    Aturan yang jelas pada menu Conditional Formatting
  3. Format kondisional akan dihapus.
    Format bersyarat telah dihapus

Klik Manage Rules untuk mengedit atau menghapus aturan individu. Hal ini sangat berguna jika Anda menerapkan beberapa aturan untuk lembar kerja.

The Conditional Formatting Rules Manager

Tantangan!

  1. Buka workbook praktek kami.
  2. Klik tab worksheet Challance di kiri bawah buku kerja.
  3. Pilih sel B3: J17.
  4. Katakanlah Anda guru dan ingin dengan mudah melihat semua nilai yang berada di bawah passing. Terapkan Conditional Formatting sehingga akan meng-Highlights Sel yang mengandung nilai-nilai Kurang Dari 70 dengan mengisinya warna merah.
  5. Sekarang Anda ingin melihat bagaimana nilai dibandingkan satu sama lain. Di bawah tab Conditional Formatting, pilih Icon Set yang disebut 3 Symbol (dilingkari). Petunjuk: Nama-nama ikon set akan muncul ketika Anda mengarahkan ke sel.
  6. spreadsheet Anda akan terlihat seperti ini:
  7. Gunakan fitur manage Rules, hapus yang terisi warna merah, tapi ikon set tetap ada.