Memahami Jaringan file-sharing

Memahami jaringan file-sharing

Jaringan file-sharing menjadi populer di akhir 1990-an ketika Napster pertama kali diciptakan. Napster menggunakan jenis teknologi yang disebut peer to peer (atau P2P), yang memungkinkan orang untuk berbagi musik dengan orang lain di seluruh dunia.

Berbagi musik online

Napster ditutup karena alasan hukum, tetapi sejak itu banyak program P2P lebih telah muncul. Tidak seperti Napster, program ini tidak hanya membiarkan orang berbagi musik, tetapi juga acara TV, film, dan perangkat lunak. Sayangnya, ada banyak risiko yang terkait dengan program ini, yang berkisar dari virus ke masalah hukum, sehingga yang terbaik agar aman adalah untuk menjaga anak-anak Anda menjauhinya.

Apakah file sharing tidakan legal?

Anda dapat menggunakan jaringan file-sharing untuk mengunduh dan berbagi file yang tidak dilindungi hak cipta. Masalahnya adalah sebagian besar perangkat lunak, musik, acara TV, dan film memiliki hak cipta, dan ada hukuman tetap jika Anda tertangkap mengunduh atau membagikannya. Misalnya, pada tahun 2006 Jammie Thomas digugat oleh beberapa label rekaman karena berbagi musik di jaringan file-sharing Kazaa. Dia diperintahkan untuk membayar $ 1,5 juta sebagai kerusakan, yang kemudian dikurangi menjadi $ 54.000.

risiko hukum dari file sharing

Perlu diingat bahwa beberapa lagu dan episode TV dapat diunduh secara gratis dari iTunes Store dan tempat-tempat lain, dan banyak perangkat lunak juga gratis. Jadi jika anak-anak Anda telah mengunduh sesuatu tanpa membayar, itu tidak berarti juga mereka telah melakukan sesuatu yang salah.

Apakah file sharing aman?

Mengunduh file melalui jaringan P2P umumnya lebih berisiko daripada download dari sebuah situs web. Banyak file pada jaringan P2P membawa virus atau malware lainnya. Juga, ketika berbagi file Anda memberikan orang lain akses ke file di komputer Anda. Meskipun kebanyakan orang mencoba untuk berbagi folder tertentu, hal itu memungkinkan tidak sengaja berbagi seluruh isi komputer Anda.

Ada juga risiko anak-anak Anda menghadapi pornografi atau konten yang tidak pantas lainnya melalui jaringan file-sharing. Bahkan jika Anda melakukan pengaturan parental control di komputer Anda, mereka mungkin tidak menangkap file-file ini.

Contoh program file-sharing

Berikut adalah beberapa dari program file-sharing yang paling umum: