Menggunakan Jejaring Sosial Dengan Aman

Menggunakan jaringan sosial dengan aman

Situs jejaring sosial yang lebih populer dari sebelumnya, dan mereka telah mengubah cara orang menggunakan Internet. Beberapa situs yang paling populer adalah Facebook, Google+, dan Twitter. Situs ini memungkinkan orang untuk tetap berhubungan dengan teman-teman mereka, berbagi link, rencana kegiatan, dan banyak lagi.

Bagi banyak remaja dan anak-anak bahkan lebih muda, jaringan sosial daring adalah bagian penting dari kehidupan mereka karena memungkinkan mereka berbicara dengan teman-teman mereka di mana pun mereka berada. Jaringan sosial adalah bukan hal yang buruk, tetapi ada beberapa risiko yang perlu disadari anak-anak Anda.

Pembatasan umur di jaringan sosial

Banyak situs jejaring sosial memiliki persyaratan usia untuk membuat akun. Misalnya, Facebook tidak mengizinkan siapa pun lebih muda dari 13 tahun untuk bergabung. Namun, banyak anak-anak berbohong tentang usia mereka untuk bergabung, dan beberapa orang tua mengizinkan atau bahkan membantu mereka mendaftarkannya.

Perlu diingat bahwa pembatasan usia ini ada untuk melindungi privasi anak Anda. Jika anak Anda menggunakan situs jejaring sosial, pastikan Anda tahu berapa usia minimum untuk setiap situs.

Untuk informasi lebih lanjut tentang keselamatan Facebook, kunjungi Pusat Keamanan Keluarga Facebook .

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jejaring sosial, baca tutorial kami tentang Facebook dan Twitter.

Mengajar anak-anak menggunakan jaringan sosial dengan aman

Jaringan sosial melibatkan banyak hal untuk berbagi, termasuk foto, video, link, dan informasi pribadi. Banyak anak-anak dan remaja menikmati berbagi hal-hal ini dengan teman-teman mereka, tetapi mereka sebenarnya bisa berbagi informasi dengan lebih banyak orang daripada yang mereka sadari. Sebagai contoh, sebuah studi pada 2010 oleh TRUSTe menemukan bahwa 68 persen remaja telah menerima permintaan pertemanan dari orang asing, dan 8 persen telah menerima setiap permintaan pertemanan yang mereka terima. Ini berarti "teman" mereka mungkin bukanlah orang-orang yang bisa dipercaya.

Menggunakan jaringan sosial

Ketika Anda berbicara dengan anak-anak Anda tentang jaringan sosial, Anda dapat memberi mereka panduan berikut untuk membantu mereka tetap aman.

OnGuardOnline.gov telah menciptakan video berikut untuk menunjukkan pentingnya berbagi dengan hati-hati. Anda mungkin ingin menontonnya bersama dengan anak-anak Anda.

Menyiapkan profil jaringan sosial

Meskipun situs-situs seperti Facebook memberikan beberapa kontrol atas informasi apa yang dibagi, beberapa bagian dari profil Anda biasanya terlihat untuk semua orang. Jika anak-anak Anda membuat profil dalam jaringan, mereka harus melakukan tindakan pencegahan untuk memastikan mereka tidak mengungkapkan terlalu banyak informasi.

Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang membuat profil jaringan sosial yang aman.

Anak-anak dan remaja: Untuk praktek pengaturan profil, perikdslsh permainan Book Cafe interaktif dari Federal Trade Commission.