Bagaimana Menghindari Malware

Bagaimana menghindari malware

Malware adalah salah satu serangan berbahaya pada komputer Anda yang paling umum terjadi khususnya saat Anda online, tetapi mudah untuk dihindari. Membiasakan diri berhati-hati saat Anda online atau tidak, dapat melindungi Anda dari malware dan serangan-serangan lain misalnya virus. Mengamankan komputer Anda serta mempelajari cara identifikasi email atau hyperlink berbahaya merupakan kebiasaan yang baik yang perlu Anda lakukan untuk tetap aman saat online.

Amankan komputer Anda

Membatasi resiko serangan malware terhadap komputer Anda merupakan kebiasaan positif yang sangat penting untuk Anda lakukan. Anda dapat melindungi komputer Anda dengan memasang perangkat lunak antivirus seperti Bitdefender, Norton, atau Kaspersky. Aplikasi-aplikasi ini mampu menangkal malware diinstal di komputer atau menghapusnya jika sudah masuk di dalam komputer. Bahkan jika Anda tidak menyadari keberadaan malware di komputer Anda, maka Anda dapat melakukan scan melalui aplikasi antivirus secara berkala.

Banyak malware memanfaatkan celah keamanan pada Windows dan perangkat lunak lainnya. Sangat penting untuk selalu memperbarui perangkat lunak yang terpasang di komputer Anda seperti sistem operasi, browser, dan perangkat lunak lainnya untuk melindungi komputer. Pembaruan ini termasuk pembaruan pada celah keamanan yang membuat komputer kebal terhadap berbagai serangan.

Pembaruan Windows (Windows Update)

Pelajari panduan kami mengenai cara memperbarui aplikasi di sini.

Cadangkan (back-up) berkas-berkas di komputer Anda

Beberapa jenis malware dapat menghapus atau merusak data di komputer. Berjaga-jaga terhadap kemungkinan kerusakan atau kehilangan data lebih mudah dan murah daripada upaya pemulihan data setelah diserang malware. Dua langkah termudah yang dapat Anda lakukan adalah menyalin data ke media penyimpanan eksternal atau menggunakan layanan penyimpanan awan.

Pelajari panduan kami tentang cara-cara pencadangan (back-up) berkas-berkas Anda di sini.

Hindari hyperlink yang mencurigakan

Sebagian besar malware dapat masuk ke komputer karena Anda klik hyperlink yang mengunduh malware ke komputer. Hyperlink-hyperlink ini sering disamarkan sebagai sesuatu yang tidak berbahaya. Jika Anda waspada terhadap hyperlink yang mencurigakan, maka Anda dapat menghindarinya. Di bawah ini adalah beberapa contoh hyperlink yang mencurigakan yang berisi malware.

Identifikasi situs web mencurigakan

Jika Anda bimbang terhadap suatu situs web atau pengunduhan berkas, maka selidikilah terlebih dahulu sebelum mengaksesnya. Adalah bagus bagi Anda untuk curiga saat Anda mengakses situs web yang tidak familier.