Belanja Online Dengan Aman

Belanja online dengan aman

Belanja online adalah cara yang mudah untuk membeli apapun dari tempat Anda berada. Belanja online tetap beresiko, namun tersedia banyak cara untuk melindungi data-data pribadi Anda.

Mari lihat video di bawah ini untuk memahami hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk berbelanja online dengan aman.

Belanja dari rumah atau kediaman Anda

Untuk melindungi data-data pribadi Anda (misal nomor kartu kredit), maka sebaiknya Anda berbelanja online melalui koneksi internet di rumah Anda. Hindarilah berbelanja online melalui koneksi internet atau komputer yang dipakai banyak orang (publik), misalnya perpustakaan umum. Komputer atau koneksi internet publik rentan diretas (di-hack) yang berbahaya bagi data-data pribadi Anda.

Periksalah koneksi HTTPS

Banyak situs web menampilkan ikon gembok di kotak isian alamat situs web. Ikon gembok ini sering dijumpai pada halaman transaksi pembayaran di toko online. Artinya, situs web ini menggunakan koneksi HTTPS yang aman bagi data-data pribadi Anda dimasukkan ke situs web ini.

simbol HTTPS pada kotak isian alamat situs web

Mungkin Anda tidak menjumpai ikon gembok ini di setiap halaman web di toko online dan ini tidaklah masalah karena tidak semua halaman web membutuhkan koneksi HTTPS. Namun, Anda sebaiknya tidak memasukkan data-data Anda yang sifatnya pribadi atau rahasia pada halaman web yang tidak terdapat iko gembok (koneksi HTTPS).

Meneliti penjual atau toko online

Siapapun dapat menjadi penjual atau membuka toko online sehingga sangat penting untuk meneliti terlebih dahulu identitas dan reputasi mereka sebelum bertransaksi dengan mereka. Pastikan mereka mempunyai alamat dan nomer telpon yang dapat Anda hubungi jika Anda mengalami kendala saat bertransaksi. Anda juga dapat memeriksa ulasan atau penilaian di beberapa situs web seperti Yelp dan Google.

memeriksa ulasan online

Gunakan metode pembayaran yang aman

Kartu kredit umumnya merupakan cara teraman untuk membeli barang online. Hindari metode atau cara pembayaran seperti transfer bank atau mengirim uang tunai melalui pos. Atau jika Anda tidak suka memberikan informasi kartu kredit Anda ke banyak toko atau penjual, maka Anda dapat menggunakan jasa layanan pembayaran online seperti PayPal atau Google Wallet. Pelajari panduan kami tentang PayPal di sini

membeli barang dengan PayPal

Simpan riwayat transaksi Anda

Selalu simpan riwayat transaksi online Anda, seperti tanggal dan nomer transaksi, deskripsi dan harga produk. Selain itu, sebaiknya Anda juga menyimpan riwayat email-email transaksi antara Anda dan penjual yang suatu saat mungkin Anda butuhkan jika mengalami kendala.

contoh transaksi

Percayai insting Anda

Akhirnya, percayailah insting atau naluri Anda. Jika sebuah penawaran tampak tidak masuk akal, maka berhati-hatilah. Atau jika transaksi Anda mencurigakan, sebaiknya batalkan transaksi tersebut.