Dasar-Dasar Privasi Jejaring Sosial

Memahami privasi media sosial (sosmed)

Jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter memudahkan kita untuk berbagi konten secara online. Namun berbagi konten di jejaring sosial agak berbeda dibanding media komunikasi online yang lain. Tidak seperti email atau pesan instan yang cenderung privat, sebaliknya bahwa sesuatu yang Anda posting melalui sosmed bersifat lebih publik. Artinya, bahwa lebih banyak orang dapat melihat konten yang Anda bagikan melalu sosmed.

Pikirkan dahulu sebelum Anda berbagi (sharing) konten

Memang sosmed telah menyediakan fitur pengaturan privasi untuk membatasi siapa saja yang dapat melihat konten yang Anda bagikan di akun sosmed, tetapi penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa jejaring sosial berbeda dibanding media komunikasi lainnya. Entah Anda menyadarinya atau tidak, bahwa konten yang Anda bagikan dapat berpengaruh pada citra diri Anda di akun sosmed. Itulah sebabnya Anda harus selalu berhati-hati terhadap konten yang Anda bagikan di jejaring sosial.

Mari lihat video (dari Google) di bawah ini pentingnya pertimbangan terlebih dahulu sebelum berbagi konten di sosmed.

Periksa pengaturan privasi akun sosmed Anda

Seperti yang telah kami utarakan di atas, bahwa semua akun jejaring sosial memiliki pengaturan privasi yang dapat digunakan untuk mengatur dengan siapa saja Anda berbagi suatu konten. Sebagai contoh, setiap saat Anda berbagi konten di Facebook maka Anda dapat memilih apakah konten tersebut dapat dilihat oleh teman-teman Facebook Anda atau semua orang. Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami cara kerja dan kontrol privasi di akun jejaring sosial.

Lihatlah video di bawah ini dari Panduan Facebook kami untuk memahami pengaturan privasi pada Facebook .

Sumber-sumber informasi lainnya

Kami juga merekomendasikan beberapa panduan pengaturan privasi dari beberapa jejaring sosial yang dapat Anda lihat di bawah ini. Silahkan pelajari sesuai keinginan Anda.