Menggunakan Verifikasi Telepon

Verifikasi Telepon

Jika Anda pernah menggunakan layanan email seperti Gmail, Outlook, atau Yahoo! Mail pada beberapa tahun silam, maka Anda diminta mengisikan nomor telepon untuk verifikasi akun. Semakin kita banyak melalukan aktivitas online (seperti membayar tagihan dan belanja online), maka semakin penting pula bagi banyak perusahaan online untuk verifikasi identitas Anda dan mencegah pelaku kejahatan menyalahgunakannya. Nomor telepon Anda merupakan cara termudah untuk verifikasi identitas Anda bagi penyedia layanan akun online.

Bagaimana cara kerja verifikasi telepon ?

Saat Anda registrasi akun online atau melakukan pemulihan kata sandi, maka Anda akan ditanya nomor telepon Anda. Penyedia layanan akun online tersebut akan mengirimkan pesan singkat (SMS) atau menelpon Anda memberitahukan kode verifikasi yang harus Anda isikan saat itu juga. Ini akan memberitahukan kepada mereka bahwa memang benar Anda yang sedang mengakses akun Anda. Dengan kata lain, sebagai bukti bahwa Anda memang benar-benar diri Anda yang sebenarnya.

kode verifikasi pada ponsel

Apakah verifikasi telpon beresiko terhadap privasi saya ?

Tidak semua orang nyaman memberikan nomor telepon kepada perusahaan-perusahaan seperti Google dan Microsoft. Namun, Anda perlu menyadari bahwa tujuan utama verifikasi telepon adalah sebagai perlindungan akun online Anda. Sangat tidak mungkin bahwa nomor telepon Anda digunakan untuk tujuan yang lain.

Seperti yang telah kita lakukan sejak beberapa tahun silam bahwa verifikasi telpon ini telah digunakan oleh hampir semua orang untuk layanan-layanan online. Kita tidak pernah ditelpon penyedia layanan online tersebut selain tujuan notifikasi kode verifikasi sehingga kita perlu yakin bahwa nomor telpon kita tidak akan dijual ke pihak lain. Dapat Anda umpamakan bahwa verifikasi telpon seperti menyediakan nomor telpon untuk situasi yang darurat. Jika terjadi hal yang tidak semestinya terhadap akun Anda, maka lebih mudah bagi penyedia layanan online untuk menghubungi Anda langsung.

Beberapa penyedia layanan online seperti Google dan Facebook mengijinkan Anda menggunakan nomor telpon sebagai bagian dari verifikasi 2 langkah. Pengertian sederhana dari verifikasi 2 langkah adalah setiap saat Anda login akun dari komputer lain, maka kode verifikasi akan diberitahukan ke nomor telepon Anda untuk Anda isikan pada saat Anda login. Ini akan menyulitkan orang lain mengakses akun Anda.

Apakah saya mempunyai opsi yang lain ?

Jika Anda tidak ingin memberitahukan nomer telpon Anda, tetapi ingin tetap dapat menggunakan layanan-layanan online maka Anda dapat mencoba beberapa alternatif di bawah ini. Layanan-layanan online di bawah ini mungkin lebih terbatas fiturnya dibanding Google atau Microsoft. Namun, Anda dapat menggunakannya jika aspek privasi sangat penting bagi Anda.