Menghindari Spam Dan Phishing

Menghindari spam & phishing

Internet merupakan media komunikasi yang esensial mulai dari email, pesan instan hingga sosial media. Sayangnya, internet juga populer di kalangan penjahat online. Agar Anda terlindung dari penipuan email, virus dan malware lainnya, serta pencurian identitas pribadi, maka Anda harus mengetahui bagaimana mengidentifikasi dan menghindari konten berbahaya di inbox email Anda, termasuk spam dan phishing.

Mari tonton video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang spam dan phishing.

Mengatasi spam

Anda mungkin pernah menerima email-email yang tidak diinginkan (misal : iklan)yang biasanya disebut spam atau email sampah (junk email). Spam dapat membuat inbox Anda berantakan sehingga menyulitkan Anda menemukan email-email yang Anda butuhkan. Bahkan lebih buruk lagi, spam sering berisi penipuan phishing dan malware yang dapat membahayakan komputer Anda. Untungnya, sebagian besar penyedia layanan email saat ini sudah menyediakan beberapa fitur untuk membantu Anda melindungi inbox dari spam.

Filter spam

Sebagian besar penyedia email akan memeriksa setiap email yang masuk ke inbox Anda untuk memeriksa apakah email itu asli atau spam. Jika email itu adalah email spam, maka email tersebut akan ditempatkan di folder spam sehingga Anda terhindar dari ketidaksengajaan membukanya ketika memeriksa email Anda.

Sistem filter spam ini tidak 100% sempurna, sehingga kadangkala email yang asli (bukan spam) ditempatkan di folder spam. Kami menyarankan Anda memeriksa folder spam Anda secara berkala untuk memastikan Anda tidak kehilangan email-email penting.

folder spam di Gmail

Banyak penyedia layanan email juga menyediakan fitur untuk menandai email sebagai spam. Contohnya, Anda dapat memilih pesan dan klik tombol "Report Spam" pada Gmail. Hal ini membantu penyedia layanan email untuk menyaring (filter) email-email sejenis di masa mendatang.

menandai email sebagai spam

Nonaktifkan fitur tampilan gambar otomatis

Biasanya spam sering berisi gambar yang dapat dilacak oleh pengirimnya. Saat Anda membuka email, berkas gambar akan ditampilkan otomatis dan pelaku spam akan mengetahui bahwa email Anda adalah email yang aktif dan selanjutnya pelaku tersebut akan mengirim lebih banyak spam. Anda dapat menghindari hal ini dengan mematikan fitur tampilan gambar otomatis di dalam email. Mari kita lihat bagaimana mengaturnya di Gmail, tetapi ingatlah bahwa cara pengaturannya bervariasi tergantung pada penyedia layanan email yang Anda gunakan.

  1. Klik ikon roda gigi (gear), kemudian pilih Settings dari menu drop down.
    klik ikon pengaturan
  2. Pilih "Ask before displaying external images", lalu klik "Save Changes" di bawah.
    mengubah pengaturan gambar di gmail
  3. Setiap saat Anda membuka email yang berisi gambar, maka Gmail akan mencegah gambar itu ditampilkan otomatis.
    gambar dicegah dari tampil otomatis di gmail

Phishing

Phishing adalah pesan penipuan yang bertujuan agar Anda memberikan informasi-informasi penting atau rahasia. Biasanya phishing mengatasnamakan dari pihak bank atau instansi resmi lain yang menyuruh Anda untuk memasukkan ulang password, verifikasi tanggal lahir, atau nomor kartu kredit. Pesan phishing tampak meyakinkan pada pandangan pertama karena sangat mudah bagi pelaku untuk membuat detail informasi yang meyakinkan.

Silahkan klik tombol interaktif di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang identifikasi email phishing.

email phishing

Penipuan-penipuan email lainnya

Spam dan phishing adalah bentuk penipuan email yang sudah biasa, tetapi masih banyak jenis penipuan email yang lain yang mungkin akan Anda alami. Ada yang menjanjikan sejumlah uang yang besar kepada Anda jika Anda mau membayar jumlah uang yang sedikit terlebih dahulu. Penipu lain mungkin berpura-pura sebagai orang yang Anda kenal dalam kehidupan nyata Anda, dan mereka sering meminta Anda untuk mengirim uang atau mengunduh berkas lampiran (attachment).

Ingatlah untuk berpikir matang-matang dalam menghadapi email-email yang beresiko penipuan. Anda sebaiknya tidak mengirim uang kepada seseorang hanya melalui permintaan dari email atau Anda sebaiknya tidak mengunduh berkas lampiran (attachment) pada email yang tidak Anda kenal karena berpotensi terhadap serangan-serangan malware yang dapat merusak komputer dan mencuri data-data rahasia Anda.

Spam, phishing, dan modus penipuan email lainnya akan terus berkembang dan berlanjut. Namun sekarang Anda sudah paham beberapa cara untuk menjaga inbox email dan komputer Anda agar lebih aman.