Grafik SmartArts

Pengantar

SmartArt memungkinkan Anda untuk berkomunikasi informasi menggunakan grafis, tidak hanya menggunakan teks. Ada berbagai gaya yang dapat dipilih, yang dapat Anda gunakan untuk menggambarkan berbagai jenis ide.

Tonton video di bawah untuk mempelajari lebih lanjut tentang bekerja dengan Function.

Menyisipkan grafik SmartArt:

  1. Tempatkan titik penyisipan di dokumen di mana Anda ingin grafis SmartArt muncul.
  2. Dari tab Insert, pilih perintah SmartArt dalam kelompok Ilustrations.
    pilih perintah SmartArt pada tab Insert
  3. Sebuah kotak dialog akan muncul. Pilih kategori di sebelah kiri, pilih grafik SmartArt yang diinginkan, lalu klik OK.
    pilih grafis SmartArt
  4. SmartArt grafis akan muncul dalam dokumen Anda.
    SmartArt dimasukkan

Menambahkan teks ke grafis SmartArt:

  1. Pilih SmartArt grafis. Panel teks akan muncul di kiri. Jika tidak muncul, klik panah kecil di sebelah kiri SmartArt untuk menghidupkan dan mematikan.
    buka panel teks
  2. Masukkan teks di samping setiap bullet di panel teks. teks akan muncul dalam bentuk yang sesuai. Ukurannya akan diubah secara otomatis agar muat di dalam shape.
    tambahkan teks ke grafis SmartArt

Anda juga dapat menambahkan teks dengan mengklik shape yang diinginkan dan kemudian mengetiknya. Ini akan baik jika Anda hanya menambahkan teks pada beberapa shapes. Namun, untuk grafis SmartArt yang lebih kompleks, bekerja pada panel teks cenderung lebih cepat dan lebih mudah.

tambahkan teks langsung di bentuk SmartArt bukannya panel teks

Menyusun ulang, menambah, dan menghapus shapes:

Sangat mudah untuk menambahkan shapes baru, mengubah struktur mereka, dan bahkan menghapus shapes dari grafik SmartArt Anda. Anda dapat melakukan semua ini di panel teks, dan itu seperti membuat garis dengan daftar multilevel. Untuk informasi lebih lanjut tentang daftar multilevel, Anda mungkin ingin meninjau pelajaran kami tentang Daftar.

Pengorganisasian SmartArt dari tab Desain

Jika Anda lebih memilih untuk tidak menggunakan panel teks dalam mengatur SmartArt, Anda dapat menggunakan perintah pada tab Desain di grup Create Graphic. Cukup pilih bentuk yang Anda ingin modifikasi, kemudian pilih perintah yang diinginkan.

Dalam contoh kita, kita telah mengorganisir grafis dengan tata letak hirarkis. Tidak semua grafis SmartArt menggunakan jenis tata letak, jadi ingat bahwa perintah ini mungkin bekerja dengan cara berbeda (atau tidak sama sekali) tergantung pada tata letak grafis Anda.

    Menyesuaikan SmartArt

    Setelah memasukkan SmartArt, ada beberapa hal yang mungkin ingin Anda ubah penampilannya. Setiap kali Anda memilih grafik SmartArt, tab Desain dan Format akan muncul di sisi kanan Ribbon. Dari sana, sangat mudah untuk mengedit gaya dan tata letak grafis SmartArt.

    Mengubah tata letak SmartArt:

    Jika Anda tidak menyukai cara informasi Anda diatur dalam grafis SmartArt, Anda selalu dapat mengubah tata letaknya agar lebih cocok dengan konten Anda.

    1. Dari tab Design, klik panah drop-down More pada kelompok Layouts.
      mengklik panah drop-down More
    2. Pilih layout yang diinginkan, atau klik More Layouts untuk melihat lebih banyak pilihan.
      memilih layout SmartArt yang berbeda
    3. Tata letak yang dipilih akan muncul.
      layout SmartArt yang baru

    Jika tata letak yang baru terlalu berbeda dari aslinya, beberapa teks mungkin tidak muncul. Sebelum memutuskan menggunakan tata letak baru, periksa dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada informasi penting yang akan hilang.

    Tantangan!

    1. Buka dokumen kosong.
    2. Sisipkan grafis Cycle SmartArt dari kategori Cycle.
    3. Masukkan teks berikut agar searah jarum jam: Condensation, Evaporation, Infiltration, Precipitation, Collection.
    4. Hapus shape yang mengandung kata Infiltration.
    5. Pilih bentuk yang mengandung Evaporation, dan klik perintah Move Down dua kali untuk memindahkan shape di antara Collection dan Condensation.
    6. Ubah SmartArt Layout menjadi Block Cycle.
    7. Ubah warna dari SmartArt sesuai pilihan Anda.
    8. Ubah SmartArt Style menjadi Intense Effect.
    9. Setelah selesai, SmartArt Anda akan terlihat seperti ini:
      SmartArt Challenge