Memulai dengan Word

Pengantar

Microsoft Word 2016 adalah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai dokumen, termasuk surat, resume, dan banyak lagi. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana untuk menavigasi antarmuka Word dan terbiasa dengan beberapa fitur yang paling penting, seperti Ribbon, Quick Access Toolbar, dan tampilan Backstage.

Tonton video di bawah ini agar lebih familiar dengan Word 2016.

Mengenal Word 2016

Word 2016 mirip dengan Word 2013 dan Word 2010. Jika sebelumnya Anda telah menggunakan versi di bawahnya, maka Word 2016 tentunya sudah terbiasa. Tetapi jika Anda baru menggunakan Word atau lebih banyak pengalaman dengan versi yang lama, Anda harus terlebih dahulu meluangkan waktu untuk agar akrab dengan antarmuka Word 2016.

Antarmuka Word

Ketika Anda membuka Word untuk pertama kalinya, Start Screen akan muncul. Dari sini, Anda dapat membuat buku kerja/ workbook baru, memilih template, dan mengakses buku kerja yang baru saja diedit. Dari Layar Start, cari dan pilih dokumen Blank untuk mengakses antarmuka Word.

membuat dokumen kosong baru

Pelajari lebih lanjut tentang antarmuka Word :

Lingkungan Word

Seperti versi terbaru lainnya, Word 2016 tetap menggunakan fitur seperti Ribbon dan Quick Access Toolbar, di mana Anda akan menemukan perintah untuk melakukan tugas-tugas umum di Word, serta tampilan Backstage.

Ribbon

Word menggunakan sistem tab Ribbon, bukan menu tradisional. Ribbon berisi beberapa tab, yang dapat Anda temukan di dekat bagian atas jendela Word.

Tab pada ribbon

Setiap tab berisi beberapa kelompok perintah yang terkait. Misalnya, kelompok Font pada tab Home berisi perintah untuk memformat teks dalam dokumen Anda.

kelompok Font pada tab Home

Beberapa kelompok juga memiliki panah kecil di sudut kanan bawah yang dapat Anda klik untuk pilihan yang lebih banyak.

mengklik panah untuk melihat lebih perintah kelompok

Menampilkan dan menyembunyikan Ribbon

Jika Anda merasa bahwa Ribbon mengambil terlalu banyak ruang layar, Anda dapat menyembunyikannya. Untuk melakukan ini, klik panah Ribbon Display Option di sudut kanan atas Ribbon, lalu pilih opsi yang diinginkan dari menu drop-down:

menyembunyikan Ribbon

Untuk mempelajari cara menambahkan tab dan perintah kustom pada Ribbon, tinjau pelajaran tambahan kami pada Menyesuaikan Ribbon .

Menggunakan fitur Tell Me

Jika Anda mengalami kesulitan menemukan perintah yang Anda inginkan, fitur Tell Me dapat membantu. Ia bekerja seperti sebuah kotak pencarian biasa : Ketik apa yang Anda ingin cari, dan daftar pilihan akan muncul. Anda kemudian dapat menggunakan perintah secara langsung dari menu tanpa harus menemukannya di Ribbon.

mencari perintah dengan fitur Tell Me

Quick Access Toolbar

Terletak tepat di atas Ribbon, Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah umum dengan tidak mempedulikan tab mana yang dipilih. Secara default, itu menampilkan perintah Save, Undo, dan Redo, tetapi Anda dapat menambahkan perintah lain tergantung pada kebutuhan Anda.

Menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar:

  1. Klik panah drop-down di sebelah kanan Quick Access Toolbar.
    klik menu drop down Quick Access Toolbar
  2. Pilih perintah yang ingin Anda tambahkan dari menu.
    menambahkan perintah Quick Print ke Quick Access Toolbar
  3. Perintah akan ditambahkan pada Quick Access Toolbar.
    perintah Quick Print pada Quick Access Toolbar

Ruller

Ruller terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen Anda. Ruller akan mempermudah menyesuaikan dokumen Anda dengan presisi. Jika Anda ingin, Anda dapat menyembunyikan Ruler untuk memperbasar ruang layar.

Menampilkan atau menyembunyikan Ruler:

  1. Klik tab View.
    klik tab View
  2. Klik kotak centang di sebelah Ruller untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
    mengaktifkan Ruller

Tampilan Backstage

Tampilan Backstage menampilkan pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, dan berbagi dokumen Anda. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada Ribbon.

klik tab File

    Pelajari lebih lanjut tentang menggunakan tampilan Backstage.

    Tampilan dokumen dan zooming

    Word memiliki berbagai pilihan tampilan yang dapat mengubah bagaimana dokumen Anda akan ditampilkan. Anda dapat memilih melihat dokumen Anda pada mode baca/Read View, Print Layout, atau Web Layout. Tampilan ini dapat berguna untuk berbagai tugas, terutama jika Anda berencana untuk mencetak dokumen. Anda juga dapat memperbesar dan memperkecil agar dokumen Anda lebih mudah dibaca.

    Mengalihkan tampilan dokumen

    Mengalihkan berbagai dokumen yang berbeda sangatlah mudah. Cukup cari dan pilih tampilan dokumen yang diinginkan di sudut kanan bawah jendela Word.

    Memperbesar dan memperkecil

    Untuk memperbesar atau memperkecil, klik dan tarik zoom control slider di sudut kanan bawah jendela Word. Anda juga dapat memilih perintah + atau - untuk memperbesar atau memperkecilnya secara bertahap. nomor di sebelah slider menampilkan persentase zoom saat ini, juga disebut zoom level.

    menggunakan slider Zoom

    Tantangan!

    1. Buka Word 2016, dan buat dokumen kosong.
    2. Ubah Ribbon Display Options menjadi Show Tabs.
    3. Gunakan Customize Quick Access Toolbar, tambahkan New, Quick Print, dan Spelling & Grammar.
    4. Di kotak Tell Me, ketik Shape dan tekan Enter.
    5. Pilihlah shape dari menu, dan klik dua kali di suatu tempat pada dokumen Anda.
    6. Tampilkan Ruller jika belum terlihat.
    7. Zoom dokumen menjadi 120%.
    8. Ubah tampilan Dokumen menjadi Web Layout.
    9. Setelah selesai, dokumen Anda akan terlihat seperti ini:
      Tantangan Getting To Know
    10. Ubah Ribbon Display Options kembali menjadi Show Tabs and Commands, dan ubah Document View menjadi Print Layout.