Pemformatan Gambar

Pengantar

Ada banyak cara untuk memformat gambar di Word. Misalnya, Anda dapat mengubah ukuran atau bentuk gambar agar lebih sesuai dengan dokumen Anda. Anda juga dapat meningkatkan penampilannya dengan menggunakan alat penyesuaian gambar Word.

Opsional: Unduhlah dokumen praktek kita.

Tonton video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang format gambar.

Memotong gambar:

Ketika Anda memotong gambar, bagian dari gambar akan dihapus. Cropping berguna jika Anda ingin mengubah gambar yang terlalu besar dan Anda ingin mengambil hanya pada bagian tertentu.

  1. Pilih gambar yang ingin dipotong. Tab Format akan muncul.
  2. Dari tab Format, klik perintah Crop.
    perintah crop
  3. Cropping handles akan muncul di sisi dan sudut-sudut gambar. Klik dan tarik handle manapun untuk memotong gambar. Karena cropping handle dekat resizing handles, hati-hati untuk menghindari penyeretan handle dengan tidak sengaja, yang akan mengubah ukuran.

    menggunakan cropping handles

  4. Untuk mengkonfirmasi, klik perintah Crop lagi. gambar akan dipotong.
    foto yang dipotong selesai

Sudut handle berguna apabila ingin melakukan cropping gambar horizontal dan vertikal secara bersamaan.

Memotong gambar menjadi shape:

  1. Pilih gambar yang ingin dipotong, kemudian klik tab Format.
  2. Klik panah drop-down Crop. Arahkan kursor ke Crop to Shape, kemudian pilih bentuk yang diinginkan dari menu drop-down.
    memilih bentuk
  3. Gambar akan dipotong dengan bentuk yang dipilihnya.
    gambar dipotong menjadi bentuk Teardrop

Menambahkan border pada gambar:

  1. Pilih gambar yang ingin ditambahkan border, kemudian klik tab Format.
  2. Klik perintah Picture Border. Sebuah menu drop-down akan muncul.
  3. Dari sini, Anda dapat memilih warna, ketebalan, dan apakah garisnya putus-putus.
    menerapkan border
  4. Perbatasan akan muncul di sekitar gambar.

Menyesuaikan gambar

Dengan alat penyesuaian gambar Word, Anda dapat mengatur properti dengan mudah baik warna, kontras, saturasi, maupun tone. Word juga menawarkan gaya gambar built-in, yang dapat digunakan untuk menambahkan bingkai, drop shadow, dan efek yang telah ditetapkan lainnya.

Ketika Anda sudah siap menyesuaikan gambar, tinggal pilih saja. Kemudian gunakan opsi di bawah ini, yang dapat ditemukan pada tab Format.

Pilihan penyesuaian

Corrections

Dari sini, Anda juga dapat mempertajam atau memperhalus gambar untuk mengatur tampilan kejelasan atau kabur. Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan dan kontras, yang mempengaruhi pencahayaan gambar dan intensitas umum.

menu koreksi

Color

Menggunakan perintah ini, Anda dapat mengubah saturasi gambar tersebut (seberapa hidup warnanya akan muncul), tone (temperatur warna gambar, dari dingin ke hangat), dan coloring (warna keseluruhan gambar).

menu warna

Artistic Effect

Di sini, Anda dapat menerapkan efek khusus untuk gambar Anda, seperti pastel, cat air, atau tepi bercahaya. Karena hasilnya begitu menonjol, Anda mungkin perlu menggunakan efek ini dengan cermat (terutama pada dokumen profesional).

menu efek artistik

Kelompok Picture Styles

Kelompok ini berisi banyak gaya standar berbeda yang membuat pemformatan gambar menjadi lebih mudah. gaya gambar dirancang untuk membingkai gambar Anda tanpa mengubah pengaturan dasar maupun efek.

menu gaya gambar

Mengompresi gambar

Jika Anda berencana untuk mengirim email dokumen yang berisi gambar, Anda harus memantau ukuran file-nya. Ukuran besar, gambar dengan resolusi tinggi dapat menyebabkan dokumen Anda menjadi sangat besar, yang akan mempersulit untuk melampirkan email. Selain itu, memotong bidang gambar akan menyimpan dokumen secara default, yang dapat menambah ukuran file.

Untungnya, Anda dapat mengurangi ukuran file dokumen Anda dengan mengompresi gambar Anda. Ini akan menurunkan resolusinya dan menghapus daerah dipotong.

Mengompresi gambar kemuingkinan dapat mempengaruhi kualitas (misalnya, gambar dapat menjadi kabur atau pixelated). Oleh karena itu, kami sarankan untuk menyimpan salinan tambahan dokumen Anda sebelum Anda mengompres gambar. Bersiaplah untuk menggunakan perintah Undo jika Anda tidak puas dengan hasilnya.

Mengompres gambar:

  1. Pilih gambar yang ingin Anda kompres, lalu arahkan ke tab Format.
  2. Klik perintah Compress Pictures.
    perintah kompres gambar
  3. Sebuah kotak dialog akan muncul. Centang kotak di sebelah Delete cropped areas of pictures. Anda juga dapat memilih apakah akan menerapkan pengaturan untuk gambar ini saja atau untuk semua gambar dalam dokumen.
  4. Pilih Target output. Jika Anda mengirimkan dokumen melalui email, Anda mungkin ingin memilih Email, yang menghasilkan ukuran file terkecil.
  5. Klik OK
    kompres kotak dialog gambar

Tantangan!

  1. Buka dokumen praktek kita.
  2. Gulir ke halaman 2 dan pilih gambar perahu layar.
  3. Pada tab Format, ubah gaya menjadi Simple Frame, Putih.
  4. Dengan gambar masih dipilih, pilih Crop to Shape dan crop menjadi Double Wave dalam kategori Stars and Banners. Petunjuk: Nama-nama bentuk akan muncul ketika Anda mengarahkannya ke mereka.
  5. Pilih gambar jangkar.
  6. Pada tab Format, gunakan menu drop-down Color untuk mengubah warna jangkar menjadi Gold, Accent warna 2 Light.
  7. Setelah selesai, halaman Anda akan terlihat seperti ini:
    Tantangan Memformat Gambar